Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Nasib Tabungan Rumah Pensiunan PNS?.

Bagaimana Nasib Tabungan Rumah Pensiunan PNS?.
Ilustrasi Perumahan, Sumber : Kompas


Matapintar.com Jakarta - Direktur Jendral Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementrian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto menyatakan bahwa pemerintah akan segera mengembalikan dana Taperum atau tabungan perumahaan yang dimiliki oleh PNS dan juga ahli waris PNS pada tahun ini.
Dana tersebut sebelumnya di kelola oleh Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan PNS (Bapertarum-PNS) akan tetapi badan tersebut sudah dibubarkan sejak tahun 2018. Tim yang selanjutnya akan dibentuk adalah tim likuidasi untuk melakukan proses pemadanan data dan dana diperkirakan akan selesai pada akhir September tahun 2020 ini.

Dana yang sebelumnya dimiliki oleh PNS aktif dana Taperum PNS akan kemudian dipindahkan ke BP Tapera sebagai saldo awal, mengenai teknis simpanan nantinya akan dilakukan rombakan peraturan oleh beberapa kementrian terkait seperti Kementrian PUPR, Kementrian BUMN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan juga beberapa kementrian lainnya.

Dana yang sebelumnya dimiliki tersimpan di rekening portepel Kementrian Keuangan sebagai dana pembiayaan perumahan jangka panjang. Mengenai iuran Tapera yang tetap dilakukan ini terdapat dalam Keppres Nomor 14 1993 yang belum dicabut sehingga tetap diberlakukan, iuran tersebutlah yang nantinya akan menjadi saldo awal.

Post a Comment for "Bagaimana Nasib Tabungan Rumah Pensiunan PNS?."