Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Arti dari Link Alternatif dan Apa Fungsinya?

Apa Arti dari Link Alternatif dan Apa Fungsinya?

Mungkin Anda pernah mendengar istilah “link alternatif” saat sedang berselancar di internet. Namun tahukah Anda apa sih sebenarnya link alternatif itu dan apa fungsinya? Mengapa suatu situs memerlukan link alternatif?

Dalam artikel ini kita akan membahas detail mengenai link alternatif dan fungsinya, dan situs apa saja yang biasanya memerlukan link alternatif. Check this out!

Pengertian link alternatif

Untuk memahami arti dari link alternatif, kita perlu mengetahi dulu arti dari kata-kata penyusunnya, yaitu link dan alternatif. Hampir setiap hari kita menggunakan atau mendengat istilah “link”. Secara harfiah link artinya hubungan atau menghubungkan. Dalam konteks internet, link dapat diartikan sebagai suatu fungsi atau fitur yang akan menghubungkan pengguna internet dari suatu halaman situs ke halaman situs lainnya.

Dalam dunia internet, link juga biasa disebut sebagai URL atau Uniform Resource Locator. Link atau URL akan memudahkan pengguna internet untuk berpindah dari satu halaman situs ke halaman situs lainnya. Dalam bahasa Indonesia, link juga disebut sebagai tautan.

Sementara kata alternatif dapat diartikan sebagai pilihan lain, atau cara lain yang dapat dilakukan, atau jalan keluar lain.

Jadi, link alternatif dapat diartikan sebagai suatu pilihan tautan lain selain tautan utama yang akan menghubungkan pengguna pada suatu situs tertentu. Contoh dari link alternatif adalah tautan BK8 slot yang akan menghubungkan pengguna pada halaman situs yang memuat link betting online terbaik.

Mengapa link alternatif dibutuhkan?

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa suatu situs harus memiliki link alternatif? Apakah tidak cukup hanya dengan memiliki link utama yang umum? Jika suatu situs dapat dengan mudah diakses hanya dengan satu link, mungkin situs ini tidak memerlukan link alternatif.

Sayangnya, beberapa jenis situs tidak dapat diakses secara luas karena sebab tertentu. Misalnya situs betting online, yang kerap mengalami pemblokiran dan tidak dapat diakses oleh pengguna. Untuk mengatasi hal ini, pemiliki situs dapat membuat link alternatif, sehingga para pengguna akan lebih leluasa untuk mengakses situs ini.

Jika pengguna tidak dapat mengakses situs dari salah satu link, maka dengan adanya link alternatif, pengguna dapat mencoba untuk mengakses situs dari link lainnya. Jadi, link alternatif ini dapat mempermudah pengguna dalam mengakses situs tertentu yang sulit untuk diakses secara bebas, dan juga menguntungkan pemilik situs, karena masih mendapatkan traffic pengunjung dari link alternatif ini meskipun jika link utama sedang mengalami kendala.

Situs apa saja yang memiliki link alternatif?

Secara teknis, situs mana pun dapat membuat dan memiliki link alternatif untuk halaman websitenya. Namun biasanya link alternatif hanya dibuat jika memang dibutuhkan. Jika suatu situs tidak mengalami masalah meskipun hanya dengan satu link utama, biasanya link alternatif tidak dibutuhkan.

Namun beberapa jenis situs memang memerlukan link alternatif untuk dapat lebih mudah diakses oleh para pengguna yang ingin membuka situs tersebut karena sebab tertentu. Misalnya karena besar kemungkinan link utama situs ini sulit untuk dibuka secara langsung. 

Seperti yang kita tahu, sistem internet memiliki sistem screening sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku di masing-masing negara. Saat suatu link situs memiliki kriteria yang membuat situs tersebut tidak dapat dibuka di suatu negara, maka situs tersebut memerlukan link alternatif sehingga halaman situs tetap dapat dibuka secara aman dengan menggunakan link alternatif tersebut.

Post a Comment for "Apa Arti dari Link Alternatif dan Apa Fungsinya?"